Rabu, 28 Juli 2010

Etika & Profesi

Isu2 pokok etika komputer
- kejahatan komputer = kejahat mengg\unakan komp sbg bsis teknologiony virus, spam penyadapan, curding denial of servic

- cybert ethic = implikasi dari internet menyebabkan pengguna IT semakin meluas, tak tetrpetakan, tak teridentifikasi.

peranan etika dalam profesi
Nilai2 etika itu tidak hanya milik satu dua orang\, segolongan orang saja, tetapi milik setiap kelompok masyarakat, bahkan kelmpok yg pling kcil yaitu keluarga smapai satu bangsa

kode etik profesi = pedoman apda setiap tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tgs & dlm kehidupan sehari-hari.
fungsi etika profesi
> memberikan pedoman pada setiap anggota profesi tentang prinsip profesional yg digunakan

> sebagai sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan

> mencegah pihak campur tangan diluar organisasi profesi tentang hub etuiaka dlm keanggotaan profesi

karakteristik unik dari dunia mya :
> beroperasi secara virual/ maya

> dunia maya tidak mengenal batas2 Teritorial

> org yg idu di dunia maya dapat melakukan aktivitasnya tanpa hrus menunjukan aktivitasnya

etika didunia maya sngatlajh pntng karena sebagaiai pedoman untik mengatur dan mengawai tindakan kgiatan yang dilakukan didunia maya baik yang + / -

karakter unik dari kejahatan dunia maya ;
Ruang lingkup kejahatan > sring dilakukan secara transnasional sehingga sulit di pastikam yudikasi hukum, negara yang akan dipakai
Sifat kejahatan > besifat non violence yaitu tdk mnimbulkan kekacauan yg ndah terlihat
Modus operasi kejahatan > keunikan dari kejahatan ini yaitu pengguina teknologi informasi dalam modus operandi shg mmbuat cybercrime berbeda dg tindak pidana lainya
Pelaku kejahatan > pelaku kejahatan konvensional mudah di identivikasi dan memiliki tipe tertntu tidak terbatas pada usia usia dan iterasi terkait
Jenis kerugian yang di timbulkan bisa bersifat material dan in material.
karen acybercrim memiliki keunikan di dunia maya
contoh : dimana karakteristik internet yg memungkinkan org labang tanpa identifikasi (ananimous)

sifat kejahatan yang non violence yaitu tidak menimbulkan kekacauan maka sulit bagi penegakhukum mengatasi maslah tsb.

Hak cipta > hak eksclusif bgi pencipta atau penerima hak untuk pmenggunakan atau memperbanyank ciptanya memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan2 menurut peraturan perundang undangan yg berlaku.
ciptaan yang memiliki hak :
> ciptaan dalam ilmu pengetahuan

> ciptaan dalm bidang seni dan sastra

ciptaan yang tidak memiliki hak cipta
> hasil rapat terbuka lembaga2 negara

> peraturan perundang2an

> pidato kenegaraaan / pidato pejabat pemerintah

> putusan pengadilan / penetapan hakim

> keputusan badan arbitrase/keputusan badan sejenis lainya

bentuk pembajakan perangkat lunak menurut microsoft coorporation:
> memasukan perangkat lunak ilegal ke hardisk

> soft lifting > terjadi jika sebuah lisensi di pakai melibihi kapasitas pengguna seperti tercantum dalm lisensi tersebut

> penjualan cd room ilegal

> penyewan perangkat lunak ilegal

> dowmnloading ilegal > melakukan download terhadap sebuah progarm komp dari internal dg tidak mematuhiyang tertera pd lisensi download

2 komentar:

  1. Halo, nama saya Widya Okta. dari Indonesia, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, namun mereka masih asli sekali di antara perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya punya korban jatuhnya penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya membutuhkan pinjaman perusahaan yang jujur.

    Saya hampir menyerah tidak sampai saya mencari sebuah nasihat dari seorang teman saya yang disebut saya pemberi pinjaman sangat handal Sandra Ovia Badan Kredit yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD 900 juta (Sembilan ratus juta INDONESIAH) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan., Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres .

    Yakinlah dan yakin bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, Pinjaman dokumen perjanjian dan semua karya kertas. Saya percaya Ibu Sandra Ovia sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu kehidupan saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi cicilan pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan perusahaan seperti yang diarahkan.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus